Kamis, 03 Maret 2016

Membuat Website dengan Microsoft Azure

Ok, hari ini saya akan membagi kepada teman-teman tentang teknologi dari microsoft. Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara gimana menggunakan Microsoft Azure. Oh  ya, sebelum memulainya, pastikan teman-teman punya akun dreamspark ya.

Membuat Website di Azure

Baiklah, sesuai judul di atas, untuk membuat website di azure pertama-tama teman-teman harus punya akun microsoft azure dulu nih. Untuk buat akun tersebut teman-teman bisa daftar di
:

https://www.dreamspark.com

Nah kalau teman-teman uda punya akunnya, selanjutnya masuklah ke halaman berikut, lalu sign in untuk masuk ke Microsoft Azure nya :

portal.azure.com

Jika teman-teman uda masuk ikuti langkah ini :


Nah di sini teman-teman bisa lihat ada bagian yang namanya app name. Nah app name ini nanti yang juga akan menjadi URL yang teman-teman akan gunakan di website yang teman-teman buat. Contohnya exorcistrial.azurewebsites.net Silahkan teman-teman isi dan pilih sesuai yang teman-teman suka, kayak gini nih :


Setelah teman-teman selesai ngisi, tekan create. Tunggu sampai proses deployments nya berhasil.
Setelah itu teman-teman bisa liat seperti contoh berikut :





Di Lingkaran Berwarna biru teman-teman bisa melihat URL yang teman-teman telah buat tadi. Tapi karena webpage yang teman-teman buat belum berisikan sesuatu, maka kita lanjut ke proses selanjutnya yaitu mengisi halaman webpage. Klik di bagian yang saya lingkari di bagian publishing.




Nah di bagian ini teman-teman diminta untuk membuat FTP user account nih. ini biar teman-teman bisa ngakses di FTP nya. Passwordnya silahkan buat sesuai selera masing-masing. Setelah itu lanjut ke proses selanjutnya. Lihat pada gambar di bawah :



Nah user name untuk FTP teman-teman yang uda teman-teman buat ada di bagian yang di lingkari berwarna hijau. Jadi kalau mau log in, pakai yang itu ya. Nah trus kalau yang di lingkari warna merah apaan? Nah itu adalah link yang harus teman-teman kunjungi untuk melanjutkan ke proses yang selanjutnya.
Jika teman-teman uda masuk, nanti akan diminta user name dan password akun FTP yang teman-teman buat tadi.
Sebagai saran saja, untuk mempermudah pekerjaan kita, sebaiknya gunakan FileZilla. Atau tidak teman-teman bisa buka lewat File Explorer.
Di sini saya akan gunakan FileZilla.


Nah lihat di gambar. Setelah Log in, masuk di >>Site>>wwwroot.

Nah di dalam wwwroot, kita bisa lihat sebuah file berjudul hostingstart.html. Nah ini adalah halaman default dari webpage yang kita buat. Langkah selanjutnya yang teman-teman harus lakukan yaitu menghapus file default itu, lalu copy dan paste webpage yang udah teman-teman buat sebelumnya ke dalam folder wwwroot ini.

Jika sudah tercopy, maka selamat, webpage anda sudah dapat dibuka. Seperti Webpage saya ini :

exorcistrial.azurewebsites.net

Selamat Mencoba !!