Sabtu, 05 Maret 2016

Mengapa Harus Microsoft Azure


Mengapa harus Azure? Mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak teman-teman. Jadi gini, Microsoft Azure adalah aplikasi terintegrasi dari Microsoft untuk bisa mengelola banyak hal seperti enterprise, aplikasi mobile, Web dan Internet of Things (IOT) yang bisa menjadi lebih cepat dan mudah dengan
layanan yang di sediakan oleh Azure. Setiap developer atau Profesional TI bisa lebih produktif dengan Azure.

Azure juga punya beberapa manfaat dari layanannya, seperti :
  • Scaling, redudancy, failover, etc.
  • New architectural options
  • Small and large organization
Di Azure, teman-teman bisa pay only for what you use. Jadi, teman-teman hanya perlu bayar sesuai dengan apa yang teman-teman butuh dan gunakan, jadi tidak perlu bayar secara keseluruhan atau bayar paket kayak kuliahan.

Microsoft Azure juga menyediakan, redundancy, failover, caching storage, machine learning, authorization, dan lain-lain. Jadi teman-teman tidak perlu takut soal kehandalan, ketersediaan, dan perawatannya teman-teman.

Azure mempunyai cakupan fitur yang sangat luas teman-teman. Contohnya saja ada yang di sebut Azure Search yang merupakan mesin pencarinya Azure. Jadi dengan itu teman-teman bisa mencari banyak hal, seperti buku referensi, website-website, media, dan berbagai konten lainnya. Di azure juga punya fitur Azure Storage, Azure Machine Learning, Azure Virtual machine, Back Up, File Service, Site Restore, Visual Studio Online, dan masih banyak lagi. Kalau mau disebutin dan dijelasin satu-persatu, entah harus ngetik berapa line lagi nih...

Nah, kalau soal keamanannya, teman-teman nggak perlu takut. Keamanan layanan Microsoft Cloud teman-teman itu akan jadi kerjasama teman-teman dan Microsoft. Jadi gini, layanan Microsoft Cloud itu dibangun di atas pondasi kepercayaan dan keamanan. Microsoft akan nyediain buat teman-teman kontrol keamanan & kemampuan yang dapat membantu teman-teman melindungi data dan aplikasi.

Dan juga, teman-teman memiliki data dan identitas serta tanggung jawab untuk melindungi data teman-teman sendiri. Teman-teman juga punya keamanan lokal sumber daya dan komponen Cloud yang teman-teman kendalikan (bervariasi tergantung jenis layanan).

Pokoknya fitur dan keamanannya itu mantap dah...
Misalnya saja teman-teman punya dokumen yang sensitif, Teman-teman harus mengenkripsi dokumennya, menyematkan kebijakan akses ke dokumen, dan juga memungkinkan pengguna mengakses menggunakan seluler pengguna. Maka teknologi yang harus teman-teman gunakan itu Microsoft Azure Rights Management Services (Azure RMS). Atau misalnya teman-teman punya dokumen yang sensitif, dan teman-teman mau menerapkan kontrol akses bersyarat untuk dokumen, maka teknologi yang teman-teman harus gunakan itu yaitu Microsoft Azure Active Directory (Azure AD).

Kalau masih belum jelas apalagi soal keamanannya, teman-teman boleh ikut kursusnya nih yang bertema "Keamanan di Dunia Berbasis Cloud" di :

https://mva.microsoft.com/id/training-courses/keamanan-di-dunia-berbasis-cloud-12725?l=CfLHobAcB_3904300474

teman-teman juga bisa dapat sertifikat dari kursus itu...
oh iya, ngomong-ngomong ini sertifikatku... hwuahahahaha...



Maka dari itu, teman-teman silahkan di coba Microsoft Azure nyaaaa....